Cara Menuju Kastil Neuschwanstein, Euro Trip 3

Cerita sebelumnya di sini,

Hari ini hari kedua di Munich, pagi- pagi kami sudah bangun karena berencana akan mengunjungi kastil yang terkenal di Eropa dan letaknya juga tidak begitu jauh dari kota Munich, yaitu kastil Neuschwanstein yang kabarnya menjadi inspirasi kastil maskotnya Disney.

Bagaiamana cara kesana ?

Ini sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman saya yah, dimulai dari kota Munich/Munchen, mungkin ada rute lainnya yang lebih asyiik….dipilih dipilih aja ..

1. Hauptbahnhof Munich

Kami menuju stasiun kereta Munich ( Haupbahnhof Munich ), di hotel disediakan breakfast berupa roti-roti dan jus namun harus membayar sekita 4-5 euro, nggak begitu mahal sih tapi buat saya sarapan seperti itu ngga gitu nendang jadi teteup akhirnya menyantap popmie bekel dari tanah air di tambah nasi yang di beli semalam di restaurant Mongolia.

Di Stasiun saya membeli tiket Bayern yang buat group supaya lebih irit. Kalau sendirian harus bayar sekitar 20 euro an, tapi karena beli tiket group jadi jatuhnya harga tiket jadi 12 euro saja per orang. Tiket bayern ini berlaku untuk semua transportasi milik pemerintah di seluruh kawasan Bayern di mana kota Munich dan kastil ‘disney” tersebut termasuk di dalamnya. Tiket berlaku seharian penuh untuk semua jenis moda tranportasi, baik kereta, bus atau tram.

2. Naik kereta tujuan Fussen

Setelah urusan tiket kelar kami langsung menuju peron untuk kereta tujuan kota Fussen, saat itu tertera kereta tujuan Fussen ada di peron 27. Perlu diingat bahwa tiket bayern ini hanya bisa digunakan mulai pukul 9 pagi, Jadi kami naik kerta yang jam berangkatnya setelah jam 9 pagi lewat.

Selain itu yang harus diperhatikan juga bahwa di sana tidak akan ada pemberitahuan di speaker seperti di Indonesia tentang kedatangan atau keberangkatan kereta. jadi caranya adalah calon penumpang cukup lihat pengumuman yang tertulis di peron tentang kapan kereta datang dan kapan kereta berangkat seperti foto dibawah ini.

Di peron 27 ini akan masuk kereta tujuan Fussen dan nantinya tanpa ada pengumuman apa-apa pas jam keberangkatannya kereta akan berangkat, masuk ke dalam keretanya juga cukup pencet knop yang ada di pintu dan nanti pintu otomatis terbuka, karena  ngga ada pak masinis yang berdiri di samping kereta yang akan ngeliatin para penumpang masuk. Jadi jangan bengong ya 🙂

Salah satu stasiun yang dilewati.

Foto di salah satu stasiun dimana sekumpulan anak-anak sekolah SD baru pulang dari sekolah atau study tour dan dijemput oleh orangtuanya dengan pelukan penuh kehangatan. Disana rumah mereka jauh-jauh sehingga transportasi untuk menjemput di stasiun sangat di perlukan sekali. Sepertinya ngga ada ojek , Gojek atau Grab di sana.

Pemandangan dari dalam kereta selama perjalanan dari Munich ke Fussen selama 2 jam.

3. Naik bus

Sesampai di stasiun Fussen di depan stasiun ada semacam terminal bus. Naiklah bus nomor 73 atau 78, pastikan tanya ke pak sopir apakah bus melewati kastil karena ada beberapa bus tidak melewati kastil walaupun nomor bus sama. Tiket bus ini masih di cover oleh tiket Bayern. Bus nanti akan menurunkan kita di halte tempat pembelian tiket masuk kastil.

Setiba di kantor penjualan tiket kita dapat membeli tiket langsung disana atau pesan online sebelumnya. Biasanya pada hari-hari tertentu antrian pembelian tiket sampai mengular keluar kantor dan membutuhkan waktu yang lama, sehingga bisa mendapatkan jadwal kunjungan yang paling terakhir, karena setiap pengunjung nantinya akan di bagi pergroup untuk masuk ke dalam kastil. Bila beli online kita sudah langsung dapat jadwal kunjungannya, jadi ga boleh telat juga.

Ini penampakan kantor penjualan tiketnya.

Bila tiket sudah di dapat kita harus berjalan lagi menuju lokasi kastil yang berada di atas gunung. Perjalanan ini bisa dengan jalan kaki, bisa menggunakan kereta kuda namun bayar 6 euro naik dan 3 euro bila mau kembali ke bawah, atau bisa naik bis yang dengan biaya 1 euro, tapi harus jalan dulu ke terminal kecil di depan kantor tiket.

Bila naik kereta kita akan di turunkan di halte kereta kuda dan jalan mendaki sedikit sekitar 200 meter untuk mencapai pintu kastil. Begitupun kalau naik bus tetap harus mendaki ke atas lagi.

Selama perjalanan dari tempat perhentian kereta kuda sampai ke pintu kastil kita akan mendapatkan pemandangan seperti  foto ini.

Dari atas akan terlihat danau, gunung dan kastil lainnya di kejauhan

Untuk yang ingin mendapatkan foto kastil Neuschwantein yang bagus biasanya orang berjalan menuju jembatan Marie yang terletak tidak jauh dari kastil.

Puas dan capek mengunjungi kastil dan menikmati pemandangan menakjubkan kota Fussen dan daerah Bavaria kami menuju ke bawah, ternyata dekat jembatan Marie adalah tempat perhentian bus shuttle dari bawah, jadi kami buru-buru ikutan naik ke bus, langsung bayar 1 euro ke pak sopir dan bus segera bergerak kembali ke terminal kecil dekat kantor penjualan tiket.

Dari sana kembali naik bus menuju stasiun kereta Fussen. Disana ada toko souvenir yang jual pernak pernik kastil yang lucu-lucu, harganya mulai dari 5 euro sampai 10 euro ada disana. Saya beli miniatur kastil seharga 12 euro dan juga ada baju official FC Bayer Munchen terbitan lama yang di jual diskon 50 % seharga 15 euro.

Sesuai dengan jadwal kereta tujuan Munich pun datang dan kami kembali ke kota Munic. Samapi di sana hari sudah sore dan bergegas kami semua menuju hostel untuk cek mengambil tas yang dititpkan di penitipan karena tadi pagi kami sudah cek otu terlebih dahulu. Malam ini kami akan menaiki kereta lagi menuju kota Salzburg di negara Austria. Sebelumnya sempet tanya ke petugas apakah tiket Bayern kamimasih berlaku buat kereta menuju Salzburg dan ternyata…..  ( ntar ada di cerita selanjutnya yaaa… hehe..).