GALAU URUS VISA YUNANI (GREECE)

GALAU URUS VISA YUNANI (GREECE)

 

Urusan visa ini memang sempat bikin uring-uringan. Ceritanya setengah tahun yang lalu tiba-tiba ada promo penerbangan ke Eropa yang menjadi impian saya selama ini, dan saya punya tingkatan limit budget yang sesuai banget sama angka promonya, sehingga tanpa pikir panjang saya langsung beli tiketnya. Motto saya sama dengan motto para backpaker yang lainnya ” destination depend your promo ticket ” haha….. plus ” beli tiket dulu, urusan lain belakangan “.

Jadilah setelah empat bulan mau berangkat baru mulai searching-searching tentang visa, tempat tujuan dan penginapan. Dan kegalauan pun di mulai.

  1. Pertama , Takut kalau Visa ga di terima !!

 

Aaaaah…teringat keluhan-keluhan teman-teman backpacker di group facebook yang ada visanya di tolak, bayangin kalau visa saya juga di tolak… bukan hanya biaya Visa nya yang nggak balik namun tiket pun jadi hangus.

Tiketnya tiket promo guys..kalau ngga di pakai ngga akan bisa di refund, ngga bisa di cancel dan ngga bisa juga tuker nama… iya kalau harga tiketnya seratus dua ratus ribu rupiah, nah ini kan ke Yunani guys, ke Eropa bro…biar juga namanya harga promo teteup aja duit jutaan yang keluar. Hmmm…bikin galau…..

Tapi akhirnya the show must go on, tiket sudah di beli dan perjuangan baru dimulai… ( ambil ransel, pakai sepatu bersiap berangkat…eh..belum ding, masih empat bulan lagi..)

2.  Kedua ,  mau Apply Visa kemana ?

Setelah liat-liat peta dan blogwalking jadi kepikiran juga ” masak sih ntar maennya cuman di Yunani doang ?” liat-liat di peta ternyata dekat dengan negara- negara Balkan, seperti Albania, Makedonia, Serbia, Bosnia, Kroasia, Slovenia, trus bisa tembus ke Hongaria, Slowakia, Austria,Jerman dan Italia…. Wow…

 

Tapi apply visa kemana nih ?  Kalau dilihat dari Tujuan dari tiket yang di beli adalah Jakarta – Singapore – Athens PP, jadi masuk dan keluar dari Eropa adalah di Yunani . Jadi saya mengambil asumsi bahwa saya harusnya apply visa di kedubes Yunani, karena secara pasti dan dibuktikan dengan tiket bahwa saya akan masuk dan juga akan keluar dari negara Yunani.

3. Ketiga, Bikin Itinerary

Setelah menetapkan mau mengunjungi beberapa negara Eropa yang berdekatan dengan Yunani mulailah searching2 di internet. Namun setelah puas menghayal, puas baca-baca blog orang yang menjelajahi semua tempat itu maka…kembalilah saya ke kenyataan lagi. Untuk menempuh semua negara itu tentu akan butuh banyak hari libur, sedangkan saya hanyalah pegawai kantoran yang di jatah cuti beberapa hari setiap tahunnya, itupun kalau ngga di paksa ambil cuti bersama, kalau iya maka akan semakin kecilah jumlah cuti yang bisa diambil. Belum lagi tentang dana yang terbatas, walau nanti akan jalan ala backpacker  dengan dana perharinya yang di iprit iprit ( eh pada tanu ngga ya arti di iprit iprit hehe ), tapi tetap harus tersedia sejumlah dana yang kalau di akumulasi bakal besar juga.

Galau lagi, berhari-hari hidup saya tak tenang…..

Maka saya mulai rasional lagi, setelah diitung- itung, survei transportasi antar negara, antar kota, antar kabupaten d antara propinsi dan antar kecamatan plus survei penginapan juga maka…voala…jadilah itinerary yang sesuai dengan waktu yang ada dan dana saya yang di cukup-cukupin, jadi secara garis besar itinerary nya adalah sebagai berikut ;

  1. Jakarta – Singapore
  2. Singapore – Athens
  3. Athens – Munich
  4. Munich – Salzburg
  5. Salzburg – Venezia
  6. Venezia – Pisa
  7. Pisa – Roma
  8. Roma – Athens
  9. Athens – Singapore
  10. Singapore – Jakarta

Yeay…berangkat….

 

Sekarang siap-siap kumpulin berkas, masukin tas dan segera berangkat, eh tapi tempatnya dimana yak…..?

Yuk ke sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *