Jalan jalan ke Khasmir, India (1)

• INDIA & KHASMIR

DAY 1
TAJ MAHAL & AGRA FORT

Setelah penerbangan panjang dari Jakarta semenjak siang dan transit di Kuala Lumpur akhirnya kami mendarat di Indira Gandhi Internasional Airport New Delhi sekitar jam 10 malam waktu setempat. Di bandara para penumpang mengisi kartu imigrasi dan kertas form kewaspadaan corona. Untuk imigrasi sudah ada loket khusus bagi penumpang yang berasal dari negara2 tertentu, kalau ngga salah Indonesia satu loket dengan penumpang dari negara Malaysia, Nepal dan beberapa negara lainnya, saya ngga tahu pembagiannya ini berdasarkan apa Sebelum sampai di pintu keluar kita akan di arahkan melewati toko2 yang menjual berbagai macam barang. Hmm..strategi marketing yang  jitu juga.Di depan bandara kami di jemput oleh Mr Singh yg menjadi sopir mini van yg di sewa sampai besok malam.  Sebelumnya beberapanteman mencoba menarik uang tunai di atm bandara memggunakan atm bank Indonesia yang berlogo visa atau master dan berhasil.
Dari bandara kami harus naik shuttle bus dulu menuju parkiran mini van di luar kawasan bandara.Dari sana langsung berangkat menuju kota Agra sekitar 5 jam perjalanan dari Delhi, kami tidak berniat keliling kota Delhi sejak merebak isu kerusuhan baru2 ini. PerjaIanan melewati tol terasa agak lamban karena pak supir menjalankannya dengan kecepatan normal walau di tengah malam itu jarang ada mobil. Satu saat kita berhenti di sebuah rest area yang udah tutup dan gelap krn pak aupirnya mau istirahat sebentar.
Jam 4 pagi kami sampai di penginapan di kota Agra. Penginapannya dekat sekali dengan Taj Mahal, cuman posisinya ada di dalam sebuah perkampungan dimana kita harus masuk gang. Fasilitasnya lumayan dengan harga yang murah. Model2 wisma kalo di Indonesia tapi bersih, tersedia ruang dorm yang murah dan juga ada privat room. Namanya kalo gak salah Mission backpacker hostel.  Di jalan besarnya banyak juga hotel-hotel bagus tapi tentu dengan harga yang lumayan juga. Istirahat sebentar untuk mandi dan berganti pakaian jam 6 jam pagi kita berjalan kaki menuju Taj Mahal. Kalo jalan kita harus selalu waspada dengan jalannya, karena banyak berserakan kotoran sapi dan anjing.  Anjing di daerah penginapan kami bebas berkeliaran.Saat itu sudah ramai yang antri masuk. Dengan tiket yg sudah dibeli jauh2 hari dari tanah air tanpa halangan kami bisa masuk.  Kita bisa beli tiketnya lewat situs Klook. Disana ada pilihan jam berapa kita akan masuk .Karena kita di  area Taj Mahalnya dibatasi hanya 3 jam saja di dalam.  Waktu itu kita dapat harga sekitar 360.000 rupiah untuk tiket Taj Mahal dan Agra Fort, plus masuk tanpa antrian . Pengunjung tidak hanya turis mancanegara tapi juga penduduk lokal dan sebagian besar terlihat sudah senior. Di taman tersebar monyet2 dan juru foto yg gesit.mecari turis. Bangku2 taman tidak lagi bisa diduduki karena menjadi arena shooting para turis dan juru foto.
Taj Mahal memang keajaiban dunia, terbuat dari full marmer dan hanya di peruntukan untuk sepasang makam disana. Para pengunjung muslim akan di bimbing oleh penjaga makam.untuk mengirim Al Fatihah bagi sang raja dan permaisurinya itu.
Ketika waktu habis kita pun kembali ke penginapan. Cek out jam 11 siang dengan mini van yg sama kita ke sebuah restaurant utk makan siang dan diteruskan menuju Agra FOrt.

Agra Fort adalah sebuah benteng dimana jaman dahulu raja berdiam bersama keluarganya. Disana selain dilengkapi gudang2 persenjataan, makanan, harta kekayaan dan tempat peribadatan juga ada taman yg sangat luas utk dinikmati keluarga kerajaan.

Sore harinya kami kembali ke Delhi utk persiapan penerbangan ke kota Srinagar, Khasmir.