Pengalaman Apply Visa ke kedutaan Yunani 2018

Pengalaman Apply Visa ke kedutaan Yunani 2018

 

 

Kedatangan pertama :

Saya datang pertama kali ke kedutaan Yunani yang beralamatkan di Jl. HR Rasuna Said kav X-7 No.6 , Karet Kuningan Setiabudi, tepatnya di dalam gedung Plaza 89 lantai 12 dalam rangka memastikan proses pengajuan dan syarat-syarat yang harus dilampirkan dalam pangajuan visa. Terutama untuk meminta formulir asli pendaftarannya walaupun sebenarnya di situs kedutaan Yunani dapat kita download sendiri formulirnya, namun karena saya pernah punya pengalaman tentang formulir yang berbeda antara formulir di situs dengan yang formulir yang harus diajukan ke kedutaan sebuah negara maka saya berinisiatif untuk datang langsung ke kedutaan ini khusus buat ambil formulir dan menanyakan hal-hal lainnya .

Sampai di gedung Plaza 89 kita akan diwajibkan mendaftar di petugas penerima tamu di lantai bawah, titip ktp dan di foto. Setelah di kasih name tag sebagai tamu maka kita naik lift menuju lantai 12. Keluar dari lift bila bingung akan ada petugas yang akan menginformasikan di mana letak kantor kedutaan Yunani. Dan bila sudah menemukannya kita akan melihat pintu seperti ini.

 

 

 Biasanya pintu ini terkunci, tapi jangan khawatir kita tinggal pencet bel yang ada di samping kiri pintu dan nanti pintu akan di bukakan dari dalam oleh penerima tamu. Untuk informasi saja kedutaan buka jam 09 an pagi.  jadi kalau datang sebelum jam itu belum ada orang ya disana.

Disana saya ketemu petugas di loket seorang bapak-bapak yang ramah dan murah senyum, beliau memberikan saya selembar formulir yang harus diisi berikut kelengkapan dokumennya. bapak tersebut menyampaikan bahwa formulir yang saya dapatkan itu boleh di foto copy bila ada teman atau keluarga yang juga mau apply visa.  Saat itu saya juga menanyakan hal yang saya dapatkan dari blogwalking di internet apakah benar saat apply kita harus melampirkan surat keterangan kerja yang harus di register ke Kemenhumkam dan Notaris. Bapak tersebut kemudian berkonsultasi  ke dalam sama seorang mba-mba muda (maaf mba..lupa namanya, padahal udah bantuin saya, makasih ya mba ) , dan diperoleh jawaban bahwa saya gak perlu register ke Kemenhumkam lagi , tapi cukup di legalisir aja sama Notaris.  Diperoleh juga informasi bila saya sudah mengisi formulir dengan benar dan sudah mempunyai dokumen lengkap sesuai dengan yang dipersyaratkan maka di wajibkan menelepon ke kedutaan untuk mendapatkan jadwal wawancara yang akan di tentukan oleh pihak kedutaan. Sebaiknya nelpon siang, karena kalau pagi si bapak dan si mba nya lagi sibuk urus yang lagi wawancara visa.

Okelah, setelah saya merasa cukup dengan informasinya maka berbekal formulir pendaftaran itu saya meninggalkan kedutaan Yunani di Jakarta ini.

Kedatangan kedua :

Sebelum saya kesana lagi, saya sudah mengisi formulir apply visa dan melengkapi persyaratannya yaitu :

  1. Paspor Asli

        

Untuk informasi saja, usahakan paspor kita tidak kosong sama sekali, atau kalau punya paspor baru tapi masih kosong harap membawa paspor yang lama yang sudah punya beberapa stempel imigrasi. Kenapa begitu ? ini ada cerita teman saya yang mengajukan paspor kosong di sini.

2.  Foto dua biji , ukuran visa

Tentang  ukurannya sepertinya semua studio photo udah paham deh, yang pasti 80 % dari foto adalah muka kita, latar belakang harus kontras dengan wajah dan pakaian kita, trus kalau pakai jilbab harus keliatan semua muka termasuk dagu dan jidat.

3.  Surat Keterangan Kerja

Surat keterangan kerja berbahasa Inggris , berisi data diri, posisi dan berapa lama telah bekerja.

4. Surat Kontrak Kerja

Karena saya PNS, maka saya melampirkan SK pengangkatan pegawai saya

5. Rekening koran 3 bulan terakhir

Saya merencanakan perjalanan selama delapan hari saja, jadi saya keep supaya di rekening saya ada dana saldo sekitar 20 jutaan diluar dana keluar masuk. Diharapkan juga dana selama tiga bulan itu tidak ada yang keluar masuk berjumlah di luar kewajaran (terlalu banyak keluar atau masuk ke rekening).

6. Foto Copy Kartu Keluarga, Akte Lahir dan KTP

 

 

7. Foto copy Akte Nikah  ( buat yang sudah berkeluarga ),

 

Ini nggak secara jelas tertera di persyaratan dokumen, namun saya lampirkan supaya kuat bukti keterikatan saya dengan tanah air.

 

8.  Tiket Pesawat

 

Saya lampirkan tiket pesawat yang sudah saya beli berbulan-bulan yang lalu, karena jeratan promo yang memabukan, jadi bukan dummy tiket.

 

9. Asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan haruslah meng cover sampai minimal 30.000 euro. Saya beli di situsnya asuransi Adira. Murah meriah, tapi gak tau gimana klaimnya.

 

10. Tiket transportasi antar negara disana.

 

Jadi tiket yang saya lampirkan sesuai dengan rencana perjalanan saya disana yaitu :

a. Tiket  pesawat dari Athens ke Munich Jerman, pake Aegean Airlines.

b. Tiket kereta dari Salzburg, Austria ke Venezia, Italia.

c. Tiket kereta dari Venezia – Florence – Roma

d. Tiket pesawat dari Roma Italia ke Athens, Yunani, pake Ryan Air.

 

11. Bukti booking hotel/penginapan

 

 

Saya booking penginapan saya yang sebagian di kamar berjenis dorm di beberapa negara melalui situs B**k**g.com, yang tadinya semua berbentuk bayar  setelah berada di penginapan, tapi ternyata ada satu atau dua hostel yang mengharapkan kita membayar lebih dahulu sebelum kedatangan. Mungkin saya kurang teliti baca term dan condition pemesanan kamarnya, karena selama ini saya selalu book kamar yang pembayarannya di lakukan di hotel setelah kita datang dan tentu statusnya free cancel sampai dengan tanggal tertentu.

Ok, dengan semua kelengkapan tersebut saya berangkat sesuai dengan jadwal yang sudah diberikan oleh pihak kedutaan. Naik busway dan turun di halte Karet Kuningan.

Disana saya di terima oleh mba-mba staff kedutaan dan mulai memeriksa kelengkapan berkas saya…. dan jeng jeng……………

Mba-mba nya bilang berkas saya kurang lengkap dan harus dilengkapi……

Jadinya saya balik kanan pulang……tapi untung mba nya mau berbaik hati dan langsung memberikan jadwal baru untuk wawancara lagi dengan syarat kelengkapan tersebut harus ada.

Syarat apa yang kurang itu ?  Ada yang bisa nebak ?

Ternyata yang kurang adalah ini.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *